IMG-LOGO
Berita Lokal

PENGADAAN BIOPORI

Create By Purwiyati Puji Rahayu,S.Pd.I 11 October 2023 109 Views
IMG

Biopori adalah istilah yang merujuk pada lubang kecil atau saluran yang dibuat oleh organisme hidup, seperti cacing tanah atau serangga, dalam tanah atau media tanam. Biopori ini berfungsi sebagai lubang atau saluran untuk memungkinkan air, udara, dan nutrisi masuk ke dalam tanah atau media tanam, serta untuk meningkatkan pergerakan air dalam tanah. Konsep biopori telah menjadi penting dalam praktik-praktik yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan dan konservasi tanah.

Berikut beberapa informasi tambahan mengenai biopori:

  1. Fungsi: Biopori memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas tanah dan lingkungan. Mereka memungkinkan air hujan meresap lebih dalam ke dalam tanah daripada mengalir permukaan, yang dapat membantu mengurangi risiko banjir dan erosi tanah. Selain itu, biopori juga memfasilitasi pertukaran udara di dalam tanah, yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman.

  2. Organisme Pembuat Biopori: Organisme yang sering kali menciptakan biopori termasuk cacing tanah, rayap, dan serangga tanah. Cacing tanah, seperti cacing merah, terkenal sebagai pembuat biopori yang efektif.

  3. Manfaat Lingkungan: Penggunaan biopori dalam praktik pertanian atau pertamanan dapat membantu dalam mengurangi penggunaan air irigasi, meningkatkan retensi air tanah, meningkatkan drainase, dan memperbaiki struktur tanah.

  4. Keberlanjutan: Praktik biopori dilihat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keberlanjutan pertanian dan pengelolaan lingkungan karena mengurangi ketergantungan pada irigasi dan meminimalkan dampak erosi tanah.

  5. Penggunaan dalam Pertanian Urban: Konsep biopori juga diterapkan dalam pertanian perkotaan, di mana lubang biopori dapat digunakan untuk memperbaiki drainase perkotaan, meningkatkan aerasi tanah di kota, dan mengurangi aliran permukaan yang mencemari air permukaan.

Penerapan biopori sebagai bagian dari praktik konservasi tanah dan air dapat membantu menjaga kualitas lingkungan dan tanah, serta mempromosikan pertanian yang lebih berkelanjutan.

 

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Berita Lokal

Artikel Lainya